RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD
NEGERI JATILABA 01
Kelas / Semester : IV / I
Tema / Sub Tema: Indahnya Kebersamaan / Kebersamaan dalam
Keberagaman
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 30 menit
A. Kompetensi Inti
A.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
B. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
C. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar,
melihat, membaca, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
D. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. Kompetensi Dasar
PPKn
3.4 Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah,
sekolah, dan masyarakat
Bahasa Indonesia
3.5
Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan
perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5 Mengolah dan menyajikan
teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-
Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
C. Indikator
PPKn
• Menjelaskan makna dan
penting persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat
• Menampilkan drama tentang
makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat
secara berkelompok
Bahasa Indonesia
• Melakukan dugaan
tentang arti kosa kata baru yang terdapat dalam teks
• Membuat
kalimat berdasarkan kosa kata baru yang ditemukan dalam teks situs sejarah
Trowulan
D.
Tujuan Pembelajaran
• Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan
makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat
secara runtut.
• Secara berkelompok, siswa mampu menampilkan
drama tentang makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah,
dan masyarakat.
• Setelah membaca teks, siswa mampu
menduga/memperkirakan arti kosakata baku yang belum mereka ketahui artinya
dengan benar.
• Siswa mampu membuat kalimat berdasarkan
kosakata baku yang ditemukan dalam teks situs Trowulan.
E.
Materi Pembelajaran
- Pentingnya Persatuan dan Kesatuan
- Kosakata
- Membuat kalimat berdasarkan kosa kata
F.
Metode / Pendekatan
Metode : Tanya jawab, bermain peran, diskusi
Pendekatan : Saintifik
G.
Media
Sapu lidi, gambar, teks, kamus
bahasa Indonesia
H.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Kegiatan
Pembuka
|
1. Guru
menyiapkan fisik dan psikis anak dalam mengawali kegiatan pebelajaran lewat
permainan tepuk siap
2. Peserta
didik diminta untuk menebak isi kotak misterius ke dalam kelas yang berisi
sapu lidi
3. Seorang
siswa diminta menyapu menggunakan lidi dan siswa yang lain menggunakan sapu
4. Guru
meminta siswa untuk mematahkan lidi dan mematahkan sapu lidi
Peserta didik diberi pertanyaan
penggiring :
v Pada saat
temanmu menyapu menggunakan lidi dan sapu lidi, manakah yang lebih bersih?
v Bila dibandingkan,
lebih mudah manakah mematahkan lidi dengan mematahkan sapu lidi?
Guru menginformasikan Tema yang
akan dibelajarkan yaitu tentang “INDAHNYA KEBERSAMAAN”
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Guru mengelompokkan
siswa berdasarkan kemampuan heterogen
2. Guru
bersama siswa mendiskusikan rancangan scenario drama
3. Siswa
secara berkelompok membuat skenario drama tentang bersatu dalam keberagaman
Kelompok satu menampilkan drama
tentang merawat tanaman di rumah
Kelompok dua menampilkan drama tentang
regu piket di kelas
Kelompok tiga menampilkan drama
tentang memelihara kebersihan lingkungan
4. Siswa
menampilkan drama yang sudah dibuat kelompoknya (mengkomunikasikan)
5. Siswa
membuat kesimpulan tentang pentingnya persatuan (menalar)
6. Siswa
membaca teks dan mengamati gambar tentang Situs Trowulan (mengamati)
7. Siswa
mencari kosakata baru sebanyak mungkin dari teks dan memprediksi arti kata
tersebut (mengamati)
8. Siswa maju
menyampaikan kosakata yang belum diketahui dan ditanggapi oleh siswa yang
lain.(mengkomunikasikan, menalar)
9. Siswa
mencocokkan jawaban dengan menggunakan kamus bahasa Indonesia (mengamati)
|
20 menit
|
Kegiatan akhir
|
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan dengan meberikan pertanyaan:
Apa yang sudah kita pelajari
hari ini?
Hal-hal baik apa yang bias kita
terapkan dalam menjaga persatuan? Serta jelaskan mengapa hal itu perlu
diterapkan?
TUGAS:
Temukan kegiatan-kegiatan di
rumah yang mengharuskan adanya persatuan dan kerja sama.
|
5 menit
|
I.
Penilaian
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam
kegiatan pembelajaran sejak kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar
dengan tes tulis
2. Instruen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja
2)
Penilaian Produk
b.
Penilaian Hasil Belajar
1)
Isian
Mengetahui
Kepala Sekolah
MOH. TAUFAN,
S.Pd
NIP. 19640323 198403 1 003
|
|
Guru kelas IV
KHASANUDIN
NIP. 19760323 200801 1 004
|
PENILAIAN NON TES
1. Kinerja
dalam meyelesaikan tugas kelompok (PPKn dan bahasa Indonesia)
No.
|
Kriteria
|
Sangat baik
|
Baik
|
Cukup Baik
|
Perlu Berlatih
Lagi
|
1
|
Kesiapan tampil
|
Siswa sangat berani tampil dan
tanpa ragu-ragu
(2)
|
Siswa cukup berani tampil tanpa
ragu-ragu
(1,5)
|
Terkadang dapat bekerja sama,
menertawakan teman atau hasil kerja teman
(2)
|
Siswa tidak berani tampil dan
masih ragu-ragu
(0,5)
|
2
|
Terlihat adegan yang bermakna
persatuan dalam keberagaman
|
Adegan dan dialog tentang
persatuan terlihat Sangat jelas
(4)
|
Adegan dan dialog tentang
persatuan terlihat cukup jelas
(3)
|
Adegan dan dialog tentang
persatuan terlihat kurang jelas
(2)
|
Adegan dan dialog tentang
persatuan tidak terlihat jelas
(1)
|
3
|
Terlihat adegan yang bermakna
menghargai dalam keberagaman
|
Adegan dan dialog tentang makna
menghargai terlihat sangat jelas
(4)
|
Adegan dan dialog tentang makna
menghargai terlihat cukup jelas
(3)
|
Adegan dan dialog tentang makna
menghargai kurang jelas
(2)
|
Adegan dan dialog tentang makna
menghargai tidak jelas
(1)
|
4
|
Terlihat adegan yang bermakna
kerja sama dalam keberagaman
|
Adegan dan dialog tentang makna
kerja sama terlihat sangat jelas
(4)
|
Adegan dan dialog tentang makna
kerja sama terlihat cukup jelas
(3)
|
Adegan dan dialog tentang makna
kerja sama kurang jelas
(2)
|
Adegan dan dialog tentang makna
kerja sama tidak jelas
(1)
|
5
|
Kualitas bahasa dalam scenario
drama
|
Kualitas bahasa sangat baik
(2)
|
Kualitas bahasa cukup baik
(1,5)
|
Kualitas bahasa kurang baik
(1)
|
Kualitas bahasa tidak baik
(0,5)
|
Penilaian :
Total nilai x 10 = nilai
16
Contoh :1,5 + 3 + 3 + 4 + 1,5 x 10 =
0,81 x 10 = 8,1
16
Memahami kosakata baku dinilai dengan daftar
periksa. (Bahasa Indonesia)
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Siswa mampu menuliskan kosakata
yang belum dipahami sebanyak mungkin
|
|
|
Siswa mampu menemukan arti kosa
kata lum dipahami di kamus sebanyak-banyaknya.
|
|
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
LEMBAR KERJA SISWA
1.
Apa yang dimaksud dengan persatuan dan kesatuan?
2.
Bagaimana sikap kamu jika melihat ada teman
bertengar?
3.
Di rumah sedang ada kegiatan bergotong royong. Apa
yang seharusnya kamu lakukan?
4.
Mengapa kita harus menjalin persatuan dan kesatuan di
keluarga, sekolah, dan masyarakat?
5.
Dimanakah letak Trowulan? Apa saja yang ada di sana?
6.
Apakah arti kata arca pada bacaan “Situs Trowulan”?
7.
Bagaimana cara kamu menghargai peninggalan sejarah?
8.
Apa manfaat menjaga dan melestarikan peninggalan
sejarah?
9.
Buatlah kalimat menggunakan kata “candi”!
10.
Buatah kalimat menggunakan kata “gerabah”!
Kunci jawaban
1.
bersatunya macam-macam
corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi
2.
melerainya
3.
ikut membantu
4.
Karena dengan menjaga
persatuan dan kesatuan akan tercipta ketentraman, kebersamaan.
5.
Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur
6. patung yg terutama dibuat dari batu yg dipahat menyerupai bentuk
orang atau binatang
7.
Dengan menjaga dan merawat peninggalan sejarah
8.
memperkaya khasanah
kebudayaan bangsa, sebagai obyek wisata,
menyelamatkan keberadaan benda peninggalan sejarah sehingga dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang.
menyelamatkan keberadaan benda peninggalan sejarah sehingga dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang.
9.
Candi Borobudur terletak di Magelang
10.
Pedagang gerabah itu sedang menjajakan dagangannya.
KISI-KISI
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Jenis tes
|
Bentuk tes
|
Nomor soal
|
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam
keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat
4.3 Bekerja sama dengan teman
dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
|
Menjelaskan makna
dan penting persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat
Menampilkan drama
tentang makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan
masyarakat secara berkelompok
|
tertulis
|
esai
|
1,2
3,4
|
Bahasa Indonesia
3.5 Menggali
informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan
perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan
buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Budha di
Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
|
•
Melakukan dugaan tentang arti kosa kata baru yang terdapat dalam teks
• Membuat kalimat
berdasarkan kosa kata baru yang ditemukan dalam teks situs sejarah Trowulan
|
tertulis
|
esai
|
5,6
7,8,9,10
|
0 komentar:
Posting Komentar