Sabtu, 05 Oktober 2013

Contoh RPP Kurikulum 2013






 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah     :  SD NEGERI JATILABA 01
Kelas / Semester  : IV / I
Tema / Sub Tema: Indahnya Kebersamaan / Kebersamaan dalam
                                Keberagaman
Pertemuan ke      : 
Alokasi Waktu    : 30 menit



A.  Kompetensi Inti
A.                Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
B.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
C.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
D.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.    Kompetensi Dasar

PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat

Bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku


C.  Indikator

PPKn
   Menjelaskan makna dan penting persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat
   Menampilkan drama tentang makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat secara berkelompok

 Bahasa Indonesia
    Melakukan dugaan tentang arti kosa kata baru yang terdapat dalam teks
   Membuat kalimat berdasarkan kosa kata baru yang ditemukan dalam teks situs sejarah Trowulan



D.  Tujuan Pembelajaran

   Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat secara runtut.
   Secara berkelompok, siswa mampu menampilkan drama tentang makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat.
   Setelah membaca teks, siswa mampu menduga/memperkirakan arti kosakata baku yang belum mereka ketahui artinya dengan benar.
   Siswa mampu membuat kalimat berdasarkan kosakata baku yang ditemukan dalam teks situs Trowulan.

E.  Materi Pembelajaran
  1. Pentingnya Persatuan dan Kesatuan
  2. Kosakata
  3. Membuat kalimat berdasarkan kosa kata

F.   Metode / Pendekatan
     Metode       : Tanya jawab, bermain peran, diskusi
     Pendekatan : Saintifik

G. Media
     Sapu lidi, gambar, teks, kamus bahasa Indonesia

H.  Kegiatan Pembelajaran
    
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka
1.    Guru menyiapkan fisik dan psikis anak dalam mengawali kegiatan pebelajaran lewat permainan tepuk siap
2.    Peserta didik diminta untuk menebak isi kotak misterius ke dalam kelas yang berisi sapu lidi
3.    Seorang siswa diminta menyapu menggunakan lidi dan siswa yang lain menggunakan sapu
4.    Guru meminta siswa untuk mematahkan lidi dan mematahkan sapu lidi
Peserta didik diberi pertanyaan penggiring :
v  Pada saat temanmu menyapu menggunakan lidi dan sapu lidi, manakah yang lebih bersih?
v  Bila dibandingkan, lebih mudah manakah mematahkan lidi dengan mematahkan sapu lidi?
Guru menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “INDAHNYA KEBERSAMAAN
5 menit
Kegiatan Inti
1.    Guru mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan heterogen
2.    Guru bersama siswa mendiskusikan rancangan scenario drama
3.    Siswa secara berkelompok membuat skenario drama tentang bersatu dalam keberagaman
Kelompok satu menampilkan drama tentang merawat tanaman di rumah
Kelompok dua menampilkan drama tentang regu piket di kelas
Kelompok tiga menampilkan drama tentang memelihara kebersihan lingkungan
4.    Siswa menampilkan drama yang sudah dibuat kelompoknya (mengkomunikasikan)
5.    Siswa membuat kesimpulan tentang pentingnya persatuan (menalar)
6.    Siswa membaca teks dan mengamati gambar tentang Situs Trowulan (mengamati)
7.    Siswa mencari kosakata baru sebanyak mungkin dari teks dan memprediksi arti kata tersebut (mengamati)
8.    Siswa maju menyampaikan kosakata yang belum diketahui dan ditanggapi oleh siswa yang lain.(mengkomunikasikan, menalar)
9.    Siswa mencocokkan jawaban dengan menggunakan kamus bahasa Indonesia (mengamati)
20 menit
Kegiatan akhir
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan dengan meberikan pertanyaan:
Apa yang sudah kita pelajari hari ini?
Hal-hal baik apa yang bias kita terapkan dalam menjaga persatuan? Serta jelaskan mengapa hal itu perlu diterapkan?
TUGAS:
Temukan kegiatan-kegiatan di rumah yang mengharuskan adanya persatuan dan kerja sama.
5 menit

I.     Penilaian
1.      Prosedur Penilaian
a.      Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes tulis

2.      Instruen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)      Penilaian Kinerja
2)      Penilaian Produk
b.      Penilaian Hasil Belajar
1)      Isian





Mengetahui
Kepala Sekolah



MOH. TAUFAN, S.Pd
NIP. 19640323 198403 1 003

Guru kelas IV




KHASANUDIN
NIP. 19760323 200801 1 004



PENILAIAN NON TES

1.      Kinerja dalam meyelesaikan tugas kelompok (PPKn dan bahasa Indonesia)
No.
Kriteria
Sangat baik
Baik
Cukup Baik
Perlu Berlatih Lagi
1
Kesiapan tampil
Siswa sangat berani tampil dan tanpa ragu-ragu


(2)
Siswa cukup berani tampil tanpa ragu-ragu


(1,5)
Terkadang dapat bekerja sama, menertawakan teman atau hasil kerja teman
(2)
Siswa tidak berani tampil dan masih ragu-ragu


(0,5)
2
Terlihat adegan yang bermakna persatuan dalam keberagaman
Adegan dan dialog tentang persatuan terlihat Sangat jelas
(4)
Adegan dan dialog tentang persatuan terlihat cukup jelas
(3)
Adegan dan dialog tentang persatuan terlihat kurang jelas
(2)
Adegan dan dialog tentang persatuan tidak terlihat jelas
(1)
3
Terlihat adegan yang bermakna menghargai dalam keberagaman
Adegan dan dialog tentang makna menghargai terlihat sangat jelas
(4)
Adegan dan dialog tentang makna menghargai terlihat cukup jelas
(3)
Adegan dan dialog tentang makna menghargai kurang jelas

(2)
Adegan dan dialog tentang makna menghargai tidak jelas

(1)
4
Terlihat adegan yang bermakna kerja sama dalam keberagaman
Adegan dan dialog tentang makna kerja sama terlihat sangat jelas
(4)
Adegan dan dialog tentang makna kerja sama terlihat cukup jelas
(3)
Adegan dan dialog tentang makna kerja sama kurang jelas
(2)
Adegan dan dialog tentang makna kerja sama tidak jelas
(1)
5
Kualitas bahasa dalam scenario drama
Kualitas bahasa sangat baik
(2)
Kualitas bahasa cukup baik
(1,5)
Kualitas bahasa kurang baik
(1)
Kualitas bahasa tidak baik
(0,5)

Penilaian :

Total nilai x 10 = nilai
    16
Contoh :1,5 + 3 + 3 + 4 + 1,5 x 10 = 0,81 x 10 = 8,1
                            16

Memahami kosakata baku dinilai dengan daftar periksa. (Bahasa Indonesia)
Kriteria
Ya
Tidak
Siswa mampu menuliskan kosakata yang belum dipahami sebanyak mungkin


Siswa mampu menemukan arti kosa kata lum dipahami di kamus sebanyak-banyaknya.



LAMPIRAN-LAMPIRAN

LEMBAR KERJA SISWA

1.      Apa yang dimaksud dengan persatuan dan kesatuan?
2.      Bagaimana sikap kamu jika melihat ada teman bertengar?
3.      Di rumah sedang ada kegiatan bergotong royong. Apa yang seharusnya kamu lakukan?
4.      Mengapa kita harus menjalin persatuan dan kesatuan di keluarga, sekolah, dan masyarakat?
5.      Dimanakah letak Trowulan? Apa saja yang ada di sana?
6.      Apakah arti kata arca pada bacaan “Situs Trowulan”?
7.      Bagaimana cara kamu menghargai peninggalan sejarah?
8.      Apa manfaat menjaga dan melestarikan peninggalan sejarah?
9.      Buatlah kalimat menggunakan kata “candi”!
10.  Buatah kalimat menggunakan kata “gerabah”!

Kunci jawaban
1.      bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi
2.      melerainya
3.      ikut membantu
4.      Karena dengan menjaga persatuan dan kesatuan akan tercipta ketentraman, kebersamaan.
5.      Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur
6.      patung yg terutama dibuat dari batu yg dipahat menyerupai bentuk orang atau binatang
7.      Dengan menjaga dan merawat peninggalan sejarah
8.      memperkaya khasanah kebudayaan bangsa, sebagai obyek wisata,
menyelamatkan keberadaan benda peninggalan sejarah sehingga dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang.
9.      Candi Borobudur terletak di Magelang
10.  Pedagang gerabah itu sedang menjajakan dagangannya.


KISI-KISI

Kompetensi Dasar
Indikator
Jenis tes
Bentuk tes
Nomor soal
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat


4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat


Menjelaskan makna dan penting persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat

Menampilkan drama tentang makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat secara berkelompok

tertulis

esai

1,2




3,4
Bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

• Melakukan dugaan tentang arti kosa kata baru yang terdapat dalam teks







   Membuat kalimat berdasarkan kosa kata baru yang ditemukan dalam teks situs sejarah Trowulan

tertulis

esai

5,6









7,8,9,10



0 komentar:

Posting Komentar

Blogger Tricks

Terima kasih telah berkunjung, mohon berkenan memberikan saran dan masukannya...